Rabu, 05 Oktober 2016

Gimana Psu enermax NaxN 500 Watt





Psu enermax salah satu merek terbaik yang di recomendasikan oleh pakar komputer ala tread2 kaskus yang udah gue baca ngalor ngidul kesana kemari, emang sih hargaya buat gue lumayan tinggi di banding dengan psu biasanya, psu dengan 500 w dan itu pure 500 w. Awal pemakaian saya sempat kebingungan soalnya tidak berapa lama saya pasang ke cpu dan saya hidupkankan kurang lebih 15 menitan komputer saya mendadak mati, selanjutnya saya coba menekan tombol power tidak juga muncul. Kipas prosesor dan psu hidup. Akhirnya saya bawak ke yang ahlinya. Selidik punya selidik. Teryata matinya komputer saya secara mendadak. Kipas vga card saya tidak muter terganjal kabel. Sudah di rapikan dan melakukan pengujian dengan beberapa psu yang ada di tempat service komputer saya normal kembali. Dan dipasangkan kembali dengan psu enermax naxn 500 w.
Dan hingga saat ini komputere makyus.
Saya mengunakan untuk disgn hingga berjam-jam komputer tetap oke, dengan beban.
-          Vga Nividia GeForce 9600, DDR 3, 512mb, 128 bit
-          2 HDD Seagate 160 Gb dan HDD Seagate 250 GB
-          2 Kipas Tambahan 9 Cm dan 12 cm
-          1 DVD-R Merk LG
Yang saya suka ketika pc saya dalam ke adaan sleep. Full slep semua kipas dan perangkat yang ad di cpu berhenti. Seperti keadaan mati. Yang sebelumnya ketika keadaan sleep. Kipas dan mobo masih bekerja.  Walau merogo kocek hingga 600rbu rupiah. Saya cek di internet harganya sekitar 560rbu. Tidak apa-apalah beda hanya 40 ribu kedepanya juga lebih dimudahkan lagi dengan masalah garansi dan lain-lain. Saya membeli psunya di Heaven Tecnologi di Jl. Tlogobayem – Semarang. Untuk garansinya 1th Full Reaplice (ketika ada kerusakan dalam kurun satu tahun barang akan langsung diganti dengan yang baru). Untuk garansi servicenya 2 tahun (jika terdapat kerusakan melebihi satu tahun maka psu akan di service). Dibandingkan dengan beli yang bekas harganya hanya terpaut 150rb saja. Rata-rata psu pure merek2 ternama bekasnya yang 400 wat harga mulai 350rbu ke atas. Mending beli baru ajah, memangsih ada rupa ada harga, namun dari beberap sumber yang gue baca psu dalan cpu itu ibarat jantung. Kalo udah begini harus beli yang bagus deh psunya apalagi buat di ajak kerja berat kudu bagus psu.
Kenapa beli psu yang baru dan yang berkualitas. Kalkulasinya begini, ketika kita membeli psu yang abal-abal kalo kata anak-anak kaskus di treadnya psu kaleng kerupuk, haha kaleng krupuk dibuat psu ada-ada saja. Beli psu yang baru dengan garansi dan ada jaminan barang rusak langsung ganti yang baru. Itu hanya berlaku untuk merek2 ternama seperti Seasonic, corsair, Thermakte, enermax kayak punya gue haha. Dari beberapa psu itu yang menduduki peringkat pertama paling lama garansinya adalah
1        Seasonis 5Th
2        Enermax 3 Th
3       Thermake dan corsair 2 thn
Saya akan memberikan sedikit gambaran keuntungan yang di dapatkan ketika beli psu dengan merek ternama. Seandainya harga 600rbu garansinya 3th. Kita hitung pertahunya harga psu itu 200rbu. Dan tidak ada pengurangan atau penambahan harga terkecuali kebijakan toko komputernya. Jika beli bekas harga 300rbu. Setiap tahun y pasti ada penaikkan harga malah bisa-bisa menurun. Saya sedikit contohkan jika ingin di jual psu y pasti di kisaran harga di bawah yang kita beli, jika terjadi kerusakan garansi bekas paling personal hanya 7 hari itupun yang paling lama. Artinya ketika lebih dari 7 hari untuk biaya service harus mengeluarkan biaya tambahan. Yang tadinya mau murah jadi mahal dan bikin repot. Itu hanya hitungan sederhana saya. Semoga membantu. 

Kabel - Kabelnya 

Seperangkat PSU yang ada di kotak 

Tulisan di PSU

1 komentar:

  1. Sy dulu juga pakai PSU Enermax, kira2 3-4 tahun sdh off mungkin lifetime nya segitu yah

    BalasHapus